INFO
  • Sugeng Rawuh Website Resmi Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang MENUJU PAKIS AGAMIS, NASIONLAIS BERBUDAYA #PAKISMAJU

PEMDES PAKIS TANAM DURIAN BERSAMA CDK WIL. I BERTAJUK NGRAWAT BUMI NANDUR POTENSI JILID II

03 Desember 2022 Adm Berita Desa Dibaca 704 Kali

BERITA DESA PAKIS.

Sabtu, 3 Desember 2022.

Pemerintah Desa Pakis mengadakan Acara Tanam Durian Unggul dengan Tema "NGRAWAT BUMI NANDUR POTENSI JILID II" Varietas Simemang bersama Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah I Provinsi Jawa Tengah dan Para Petani Durian DI Kawasan Durenan Desa Pakis Kec. Sale Kab. Rembang.

Durenan Adalah Sebuah Kawasan Lahan Pertanian Warga Pakis yg terletak dibawah Lereng Gunung Buthak, dimana pada Kawasan ini tumbuh subur Durian Lokal Pakis yg Usianya ditaksir Oleh BSPS Provinsi Jateng sekitar 200-300 tahun.
 
Pada 14 Des 2021Silam,Pemerintah Desa mengajukan salah satu Pohon Durian Lokal Pakis milik pak Tomo sebagai Pohon Induk Lokal Unggul, tetapi setelah di cek di Laboratorium UMS hasilnya belum maksimal.
 
"Setelah Pengajuan Pohon Induk Lokal Unggul Milik Pak Tomo Gagal, Kami Berusaha mencari Bantuan Bibit Durian Unggul Untuk Dikembangkan pada kawasan Durenan, agar supaya potensi Durian dipakis dapat dikembangkan dan dapat menjadi Produk Unggulan Desa, Saya Punya Keyakinan Dari Segi Tekstur, Bentuk dan Rasa Varietas Durian Pakis bisa bersaing" Ujar Pak Kades Sholikin, S.Pd.I
 
 
Pada Even tersebut yang dihadiri Oleh Penyuluh Kehutanan, Bapak ADI SUPRIYANTO, SP, Beliau mengungkapkan Bahwa Pakis merupakan Desa Binaan yang potensial dibiang Agro khususnya Durian dan Alpukat.
 
"Pakis merupakan Desa yang secara Geografis sangat Cocok ditanami tanaman Durian, Apalagi disini banyak Durian yang Usianya sudah ratusan tahun. ketika Pak Kades meminta bantuan saya untuk mengajukan Bibit Durian, Maka saya komunikasikan langsung ke kantor CDK Wilayah I dan kami yakinkan bahwa Pakis memang Layak mendapatkan Bibit Durian Unggul dan Alhamdulillah di ACC" Ujarnya disela-sela Penanaman Pohon Durian.
 
Program Berkelanjutan Bapak Sholikin sebagai Kepala Desa Jangka Panjang adalah menjadikan Desa Pakis menjadi Desa Wisata sesuai yang tertuang dalam RPJMDES (Visi-Misi Kepala Desa 2019 - 2025)
 
Senada dengan Program tersebut,  SUNARTO yang Akrab dipanggil Kang Sami Sebagai Ketua KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) Desa Pakis. belaiu menyampiakan bahwa Kegiatan ini sangat mendukung Paket Wisata.
 
"Dengan adanya Durian pakis yg tiada duanya ke depan bisa menjadi salah satu paket wisata potensial yang ada di desa pakis jadi nanti pengunjung dari bukit gading bisa langsung ke tegal durenan untuk menikmati buah durian di bawah pohonnya langsung" Ujar Kang sami
 
Pak KADES SHOLIKIN menambahkan:
"Saya Mewakili Warga Desa Pakis mengucapkan Terimakasih kepada Pak ADI SUPRIYANTO, SP Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah I Provinsi Jawa Tengah yang telah membantu kami dalam bantuan Bibit Pohon Durian Unggul varietas SIMEMANG Yang menurut Informasi varietas ini merupakan varietas unggulan dan sejak 2013 menyabet Juara I Pameran durian unggul di Jawa Tengah, Besar Harapan Kami kedepan Kawasan DURENAN ini bisa menjadi Central Durianya Pakis yang Unggul dan menjadi Paket Wisata agar dapat mengangkat Perekonomian Warga Desa Pakis.
 
*ADMIN
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar