INFO
  • Sugeng Rawuh Website Resmi Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang MENUJU PAKIS AGAMIS, NASIONLAIS BERBUDAYA #PAKISMAJU

UMKM PAKIS Cowek ASLI BATU GUNUNG BUTAK Pak Muksin

19 Mei 2022 Adm Produk Desa Dibaca 496 Kali

PAKIS-SALE-REMBANG

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Secara lebih jelas, pengertian UMKM diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa UMKM adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Melihat Potensi Geografis Desa Pakis yang terletak pada lereng Pegunungan terletak pada Lereng Gunung Butak (BKSDA Prov Jateng) dan Bukit Gading Pakis maka sudah barang tentu batu alam banyak dan sangat potensial disini.

hal itu yang membuat Pak Muksin Warga Desa Pakis RT 04 RW 01 tergerak untuk membuat COWEK dari bahan batu asli pakis.

"Pembuatanya manual mas, menggunakan Alat seadanya. sehari biasanya bisa membuat 1-2 cowek tergantung pada jenis bahan dan kesulitanya, batunya asli berasal dari Gunung Butak, jadi cowek yang saya buat asli dari batu bukan dari cor, biasane yang dijual dipasaran kan dari cor tapi kalau yg saya buat asli dari batu"

ketika ditanya terkait pemasaranya pak muksin menjawab dipasarkan menggunakan sistem dari mulut ke mulut dan dibantu pak kades.

"Biasanya warga pakis-ukir-rendeng mas, biasanya sampai pancur- lasem jugaaaa.  pemasaranya dari mulut ke mulut. kemarin dibantu pak inggi sholikin memasarkan ke daerah Tegaldowo-Suntri-Timbrangan, biasanya juga dibantu ibu e pak inggi sholikin yang ditegaldowo kebetulan ibuke pak inggi juga pedagang ditegaldowo dan dijualkan di pasar tegaldowo"

masalah harga kompetitif, mulai dari Rp. 30.000 - 50.000 - 75.000 - 100.000 - 120.000 tergantung luas cowek.

"kemarin juga di peseni pak inggi untuk memahat diatas batu menggunakan aksara jawa dengan nama "RONDI" kata pak inggi yg pesen adalah pak Rondi Tegaldowo yang punya toko bangunan alhamdulillah sudah selesai dan sudah kami antarkan ke Tegaldowo.

bagi yang ingin pesan Cowek Batu Asli Pakis yang dibuat oleh Pak Muksin bisa menghubungi Nomer WA 085232124893.

Jaya Selalu UMKM Pakis.

#admin

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar