• JALAN DESA PAKIS RT 02 RW 01
  • 085713953858
  • pakispemdes@gmail.com
INFO
  • Sugeng Rawuh Website Resmi Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang MENUJU PAKIS AGAMIS, NASIONLAIS BERBUDAYA #PAKISMAJU

PEMDES PAKIS TERIMA BANTUAN POWER THRESHER

18 Mei 2022 Adm Berita Lokal Dibaca 142 Kali

Selasa, 17 Mei 2022.

 

Pemerintah Desa Pakis Melalui Kelompok Tani Ngudi Mulyo bertempat di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Menerima Bantuan ALat Pertanian berupa POWER THRESHER MULTIGUNA MOBILE.

Power Thresher Bertype  PRT 1200 M dengan No. SERI 012.22.03.467.0350 merupakan alat untuk merontokkan padi menjadi gabah, sebagai alat bantu bagi petani untuk memisahkan gabah dengan jeraminya, juga dapat digunakan sebagai perontok Jagung.

 

Kades Pakis, Pak Sholikin, S.Pd.I mengungkapkan Bahwa Alat Pertanian ini merupakan Bantuan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022.

"Iya, Power Thresher ini merupakan bantuan dari APBN dari pak Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian. Alhamdulillah setelah kami komunikasi inten dengan DInas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang (DINTANPAN) terkait Alsintan kami diarahkan pada Alat ini, kami setuju dan kami tembusi melalui Proposal Kelompok Tani dan semoga bermanfaat khususnya bagi warga Desa Pakis."

Pak Kades melajutkan bahwa nanti Masyarakat akan dapat menggunakan alat tersebut setelah dimusyawarahkan di internal pengurus kelompok tani dan pemerintah desa dan BPD terkait beban operasional dan maintenancenya.

"Secara Teknis nanti saya serahkan pada kelompok Tani Ngudi Mulyo, Karena secara status kepimilikan ini adalah milik kelompok Tani Ngudi Mulyo. termasuk didalamnya nanti teknis bagaimana kalau ingin menggunakan alat ini, karena namanya alat butuh biaya operasional, butuh biaya perawatan atau maintenance, tetapi saya jamin bahwa nanti biaya tersebut akan dibawah standar"

Teknologi ini dalam penanganan pasca panen padi salah satunya yaitu thresher. Thresher merupakan alat perontok padi yang diperlukan guna meningkatkan hasil produksi perontokan padi dan mempercepat proses pasca panen padi

" ya, ALat ini MUltiguna, Nanti Padi setelah di potong langsung bisa dimasukan kedalam alat ini dan nanti keluar akan terpisah antara gabah (padi) dan Jeraminya, otomatis jeraminya akan tercacah lembut. selain untuk Perontok Padi Alat ini Juga bisa untuk Perontok Jagung. Secara Teknis begitu mas, tapi belum kita coba dilapangan karena alatnya ada beberapa yang masih butuh di stel ulang karena pengiriman dari pusat ada beberapa yang kurang pas stelan nya"

"Melalui Power Thresher ini adalah Ikhtiyar kami untuk membantu Petani khususnya warga Pakis  untuk meningkatkan hasil Pasca Panenya Harapan Saya, semoga Alat ini bisa digunakan dengan baik dan di-manage dengan baik karena untuk mendapatkan alat ini bukan hal yang mudah, kedepanya agar bisa bermanfaat dan dimanfaatkan untuk membantu petani pakis"

"KAmi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada DInas Pertanian dan PAngan Kabupaten Rembang karena melalui DINTANPAN kami Pemdes Pakis atas nama Kelompo Tani diberi akses dan dibantu mendapatkan Power Thresher ini"

 

Ket Gambar:

Pak Kades Pakis (Pak Sholikin, S.Pd.I) Mencoba langsung Power Thresher di Halaman DINTANPAN Kab. Rembang, Selasa 17 Mei 2022

*Admin

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar