Sugeng Rawuh Website Resmi Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang MENUJU PAKIS AGAMIS, NASIONLAIS BERBUDAYA #PAKISMAJU  

Pemdes Pakis galakan pemuda untuk UMKM "BUDIDAYA JAMUR TIRAM (JATIMPAK) PAKIS"

Adm | 07 November 2020 15:18:25 | Berita Desa | 50 Kali

PEMDES PAKIS galakan pemuda untuk memiliki jiwa entrepreneurship dibidang UMKM "BUDIDAYA JAMUR TIRAM (JATIMPAK) PAKIS"

 

Kita segenap rakyat Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda, hari dimana seluruh bangsa dan tumpah darah Indonesia di manapun berada, bersatu padu dalam Sumpah Pemuda yang dicetuskan oleh para pemuda dan pemudi pada masa pergerakan kemerdekaan.

Sumpah pemuda yang digelorakan para pemuda dan pemudi kala itu, telah membakar bara semangat persatuan dan kesatuan dalam diri seluruh bangsa Indonesia yang ingin lepas dari imperialisme para penjajah di Bumi Pertiwi.

Esensi Sumpah pemuda adalah menempatkan Peran pemuda sebagai “agent Of change” atau agen perubahan dimana pemuda dituntut untu berkontribusi sesuai minat dan bakatnya untuk kemajuan negri.

Adalah UMKM "BUDIDAYA JAMUR TIRAM PAKIS (JATIMPAK)" Merupakan Unit Usaha dibawah naungan BUMDesa BUMI SOKO RAHARJO yang disengkuyung oleh sekelompok pemuda pakis yang mempunyai jiwa entrepreneurship yang mempunyai jiwa dan semangat yang sangat membara.

Pak Kades Pakis “Sholikin, S.Pd.I” menuturkan bahwa Pemdes Pakis sangat mendukung usaha pemuda yang mempunyai jiwa kewirausahaan khususnya dibidang UMKM dan akan diprioriataskan.

“Kami Pemdes Pakis sangat mendukung dan intens dibidang pemberdayaan Masyarakat khususnya minat pemuda pakis dibidang entrepreneurship yaitu Budidaya Jamur Tiram Pakis atau disingkat JATIMPAK” Tandas pak kades.

“ Produksi jamur tiram pakis (jatimpak) tetap terus dilakukan meskipun tahun ini PEMDES belum bisa menyediakan tempat produksi yang efektif, sementara pembuatan baglog jamurnya masih dibalaidesa tapi hebatnya pemuda kita mereka tetap survive meskipun banyak kekurangan fasilitas, pokoke tak acungi jempol pengelola serta pemuda Desa Pakis untuk semangat dan optimisme terhadap usaha jamur yang dilekelola” Imbuh Pak Kades.

Dikonfirmasi oleh pak Sekdes “Safii” bahwa  Sebenarnya di tahun 2020 ini Pemdes sudah menganggarkan untuk unit usaha ini dalam APBDes namun karena ada Kejadian Luar Biasa yang memang memakan banyak anggaran dari APBDes.

“ iya Tahun ini kami anggarkan untuk pembangunan Rumah Produksi Jamur Tiram Pakis berada di lahan bengkoknya pak inggi, saya dan pak inggi memang memprioritaskan omah produksi Jamur Tiram karena Kegiatan Ini Bisa dikatakan berkembang tetapi karena  Pandemi Covid-19, sehingga belum bisa direalisasikan anggaran untuk tempat Produksi Jamur tiram teraebut.”

Dijelaskan oleh Sunarto alias Kang Sami, Selaku Ketua Unit Usaha Jamur Tiram  Pakis bahwa untuk Produksi akhir-akhir ini jauh lebih baik, terbukti dari keberhasilan tumbuhnya jamur dari produksinya meskipun belum menempati omah produksi sepeti yang direncanakan sebelumnya. Harapan saya Semoga Kedepan nanti Jamur Tiram Pakis ini menjadi salah satu produk unggulan di Desa pakis”

Semoga JAMUR TIRAM PAKIS (JATIMPAK) Bisa berkemabng dan bisa memberi manfaat khususnya untuk Warga Desa Pakis.

 

Dokumen Lampiran : Jatimpak


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : JALAN DESA PAKIS RT 02 RW 01
Desa : PAKIS
Kecamatan : SALE
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59265
Telepon : 085713953858
Email : pakispemdes@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung