INFO
  • Sugeng Rawuh Website Resmi Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang MENUJU PAKIS AGAMIS, NASIONLAIS BERBUDAYA #PAKISMAJU

KERAJINAN DARI BATU ASLI PAKIS

26 November 2020 Adm Dibaca 505 Kali

#BeritaSeputarPakis- Selain menyimpan keindahan Alam yang menawan karena berada pada ketinggian, Desa Pakis Kecamatan Sale Kabupaten Rembang Juga mempunyai Potensi Kerajinan  Batu Asli dari Gunung Butak dan  Dari Bukit Gading Pakis.

 

Adalah Pak Muksin pengrajin batu asli alam yang merupakan Warga Desa Pakis RT 4 RW 1 Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. ditemui sore ini (26/11) dikediamanya Pak Muksin menjelaskan bahwa membuat kerajinan dari batu alam merupakan sampingan beliau ketika waktu senggang.

 

" njih pak, damel ngeten niki kagem ngisi waktu luang pas mboten ting sawah" (Iya pak, membuat kerajinan seperti ini adalah untuk mengisi waktu luang ketika tidak ada kegiatan di sawah). bentuk kerajinannya njih kados cowek, lumpang, lan sanes-sanes, sedanten ngagem batu asli mboten enten campuran semen. murni batu asli saking gunung butak dan gunung gading pakis. (bentuk kerajinannya berupa cowek, lumpang dan lain-lain, semuanya menggunakan batu asli tidak ada campuran semen murni batu asli dari gunung butak dan gunung gading pakis) Imbuhnya.

untuk ukuranya pun beragam sesuai dengan pesanan pelanggan, bisa tebal bisa tipis. tentu dengan farian harga yang berbeda. dan hebatnya lagi adalah pak Muksin menggunakan peralatan seadanya dengan sentuhan tanganya yang mahir bisa menghasilkan cowek dan lumpang yang bagus dan mempunyai nilai yang tinggi.

"Kagem lumpang ingkang Bunder 27-30 cm duwuripun  20 cm regine 125.000,  kagem cowek bunder ukuran 33 cm tinggi 20 cm reginipun 100.000, ukuran bunder 25 cm tebal 10 cm reginipun 50.000, ukuran panjang 30 cm lebar 22-25cm tebal 7 cm regi 60.000. ukuran sanes saget menyesuaikan kalih permintaanipun pelanggan.

(Untuk Lumpang  Diameter 27-30 cm tinggi 20 cm harganya 125.000,  Sedangkan untuk cowek Diameter  33 cm tinggi 20 cm harganya 100.000, Diameter 25 cm tebal 10 cm harga 50.000, ukuran panjang 30 cm lebar 22-25cm tebal 7 cm Harganya  60.000. ukuran lainya bisa menyesuaikan permintaanipun pelanggan)

"kagem pemasaran biasane tesih ting sekitar desa pakis, desa rendeng, desa ukir, desa Dowan Desa Pamotan dan Desa Tegaldowo"

 

selain Pengrajin Cowek dan Lumpang dari Batu, Pak Muksin adalah seorang petani beliau juga  juga seorang Komandan Linmas (Perlindungan Masyarakat) atau Hansip Desa Pakis.

Semangat Pak Muksin.

#pakismaju

*Adm

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar